Sunday, March 1, 2020

Mengenal budaya suku lani lebih dalam koteka dan sali

Sunday, March 1, 2020

Suku Lani_adalah salah satu kelompok etnik yang mendiami di daerah Pegunungan Jawawijaya. Daerah dengan ketinggian di atas 1.500 meter dan suhunya 6-21 derajat celcius. Di sepanjang aliran sungai, lereng bukit, bahkan sampai ke puncak bukit, orang Lani membuat ladang-ladang (keremon). Di sekitarnya masih terlihat hutan-hutan lebat, namun sebagian tampak gundul dan ditumbuhi alang-alang dengan semak-semak tipis bekas peladangan mereka.

Pakaian : Koteka dan Sali
  1. Koteka_Koteka  adalah sebuah sayur Labu yang berbentuk panjang dan bisa dikonsumsi. Namun Masyarakat suku Lani membuat sayur labu menjadi sebuah pakaian tradisional yang dikenal dengan KOTEKA. Koteka ini dikhususkan untuk menutupi aurah kaum lelaki.
  2. Sali_Sali adalah sebuah pakaian trdasional bagi kaum perempuan untuk menutupi badannya. Bahan dasar sali ini dari kulit kayu walia dan beberapa kulit kayu yang lain. 

Wamena, 29 Februari 2020
Pengambilan gambar synopsis oleh Siswa SMA Negeri 1 Wamena, a
ngkatan 34.
 Dengan judul : "Mengenal Budaya Lebih Dalam".
Budaya adalah Jatih diri  atau cara hidup , maka melalui kegiatan pengambilan gambar synopsis ini, saya mengenal budayaku dan mewariskan budaya suku Lani kepada mansa negara. Saya memakai pakaian adat karena saya orang Papua Suku Lani Pengunungan Jayawijaya.
Klick Here: https://wuraburu.blogspot.com/2019/05/penampilan-budaya-papua-anak-sma-dalam.html

Show comments
Hide comments